TUTUP IKLAN

SCROLL KE ATAS UNTUK LANJUT MEMBACA

Membuat Media Center Pribadi dengan Raspberry dan OS KODI (Do It Yourself)

Membuat Media Center Pribadi dengan Raspberry dan OS KODI (Do It Yourself)

ZonaSeru.id - Sebuah Raspberry Pi 3 yang telah terinstal OS Kodi yang merupakan salah satu software streaming terbaik dapat membuat HDTV anda mempunyai media streaming pribadi yang murah, dibandingkan anda harus memberl dongle media yang cepat dan berdedikasi dengan harga mahal. Hanya dengan sebuah Raspberry Pi, beberapa kabel dan distribusi Linux berbasis open source, anda dapat menghubungkan semua media yang telah disediakan di OS Kodi dan menampilkannya di layar HDTV ataupun televisi analog dengan bantuan sedikit tambahan alat. Tertarik? Inilah cara melakukannya...

Persiapan hardware :

  • Di kos/rumah ada koneksi internet yang bagus (bisa wifi/lan).
  • Sebuah Raspberry Pi 3 atau Raspberry jenis lain (beli, jangan nyolong).
  • HD-TV atau televisi yang support dengan HDMI.
  • MMC SD-Card minimal 16Gb.
  • Keyboard dan mouse (kalau bisa jenis usb atau wireless USB karena di Raspbery Pi 3 tidak ada jenis port P/S2).
Persiapan software :

STEP 1 (Install OS KODI pada MMC SD-Card)

Siapkan laptop anda, dan lakukan proses donwload OpenElec yang benar dari situs web OpenElec untuk perangkat Raspberry yang anda punyai. Terdapat Model A / B / B + / Zero untuk Raspberry tipe Pi saja. Kemudian untuk tipe Raspberry Pi 2 dan Pi 3, ada pilihan model 2 dan 3.

Jika Anda menggunakan PC berbasis Windows, pilih download dengan .gz sebagai ekstensi. Ini adalah format termudah untuk mengekstrak dari menggunakan alat seperti 7zip, WinRar, WinZIp.

Setelah mendownload dan mengekstrak OpenElec, anda perlu menginstall aplikasi Win32DiskImager dan jangan lupa siapkan Micro SD Card anda dan tancapkan pada komputer atau laptop anda. Setelah Win32DiskImager terinstal, jalankan aplikasi tersebut dan klik gambar folder.

Win32DiskImager

Sekarang anda harus memilih image file OpenElec yang telah di ekstrak sebelumnya. Selanjutnya, kita perlu memilih drive yang benar yang mengarah pada Micro SD-Card yang telah anda siapkan sebelumnya. Nantinya, Micro SD-Card ini, akan di install OS Kodi yang sudah anda download sebelumnya.

Sekarang klik WRITE dan tunggu sampai proses selesai. Klik OK dan EJECT the Micro SD Card dan masukkan ke dalam Raspberry Pi Anda.

Baca juga :  Install OS Kali Linux Android Smartphone (Do It Yourself)


STEP 2 (Booting up OS Kodi yang telah terinstall di MMC SD-Card)

Boot Pi Raspberry dan anda harus terhubung ke jaringan internet agar ada pembaruan yang harus dilakukan.

1 dari 1 halaman

Apa pendapatmu?